Tips Asik agar Beach Camp Kamu Menyenangkan!

Tips Asik agar Beach Camp Kamu Menyenangkan!

Hai, guys!

Pernah nggak sih kalian ingin merencanakan kemah di pantai, tetapi kalian khawatir kalau ada tsunami, air pasang, lokasi yang angker, dan bahaya lain-lainnya yang mungkin terjadi?

Tak bisa dipungkiri, kemah di pantai mempunyai berbagai risiko. Tetapi bukankah di setiap tempat itu ada risikonya? Tinggal kita sendiri yang bisa memanajemen risiko itu menjadi seminim mungkin.

Terlepas dari segala risiko tadi, kemah di pantai memiliki nilai eksotik tersendiri. Banyak pengalaman natural yang cuma kamu dapat saat kemah di pantai. Seperti contohnya di malam hari, kamu akan terbuai oleh suara deburan ombak yang menghantam karang. Suara ini bisa membuat kamu merasakan ketenangan dan dapat menghilangkan segala kepenatan.

Lalu apa saja yang dapat kita lakukan agar trip kita saat beach camp di pantai bisa berjalan lancar dan menyenangkan?

1. Pilih waktu dan tempat yang pas

 

 

 

 

 

 

Sumber : gettyimages

Jika kamu ingin merencanakan acara kemah di pantai, kamu harus pilih waktu dan tempat yang pas. Pilih tanggal dimana kamu mempunyai libur yang lumayan lama. Sehingga kamu tidak buru-buru dalam melakukan trip. Stok waktu yang panjang dapat menjadi cadangan jika terjadi insiden apa-apa selama trip.

Agar kamu bisa menikmati pantai yang surut di malam hari, kamu bisa memilih tanggal dimana bulan belum penuh. Karena jika kamu melakukan beach camp pada bulan purnama atau bulan baru, air laut akan pasang dan bisa menutupi area camp kamu.

Selain itu, cek juga ramalan cuaca di tanggal yang sudah kamu rencanakan tadi. Sebaiknya kamu pilih hari yang cuacanya cerah seharian, agar kamu dapat menikmati trip secara maksimal.

Untuk masalah tempat, disarankan kamu memilih pantai yang lebih sepi dan alami untuk pengalaman yang lebih maksimal. Tetapi dengan catatan, pantai itu sudah di review oleh orang lain sebelumnya. Jadi terbukti aman dan boleh digunakan untuk beach camp.

Pantai yang dipilih sebaiknya juga bukan pantai yang menghadap langsung ke arah samudera, karena pantai yang menghadap samudera lebih ganas ombaknya. Satu lagi, agar kamu dapat menikmati sunset/sunrise pilihlah pantai yang menghadap ke arah timur/barat. Dijamin jika cuaca tidak mendung, sunrise/sunset bakal kelihatan dan menambah keindahan beach kamp kamu,

2. Ajak Teman yang Banyak

Sumber: gettyimages

Semakin banyak teman yang ikut dalam acara beach camp kamu, maka trip kamu tidak akan beku dan bakal mengasyikan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan kalau trip kamu diikuti banyak orang. Seperti kamu bisa bermain voli pantai di sore hari, menggelar pesta barbeque di malam hari, saling bercerita kehidupan di malam hari, dan masih banyak lagi. Q-time mu bakalan lebih asik bersama orang-orang terdekat.

Tetapi ingat, jika kamu mengajak banyak orang maka harus ada yang jadi pemimpin trip disitu yang bertanggung jawab terhadap semua peserta trip. Semakin banyak yang ikut, otomatis semakin berat tanggung jawab pemimpin trip.

3. Jaga Kesopanan Selama Beach Camp

Sumber: gettyimages

Bersenang-senang boleh aja, asalkan jangan berlebihan. Kamu harus tau batasan-batasan norma. Jangan sampai kita bersenang-bersenang, tetapi ada yang terusik oleh kehadiran kita. Baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Tanpa bermaksud menakut-nakuti, sebaiknya kita harus berhati-hati di segala tempat. Seperti pepatah, jika ‘kamu sopan kami segan’. Jika kita sopan, tidak akan ada yang berani mengganggu.

Tetapi ini tidak mengurangi kesenangan kita saat trip di pantai kok. Asalkan kita tidak berkata sembarangan dan buang hajat sembarangan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan :).

4. Pilih Peralatan Camp yang Sesuai

Sumber: gettyimages

Ingat, melakukan camp di pantai berbeda dengan camp di gunung atau di tempat lainnya. Jika melakukan trip di pantai kamu tidak perlu jaket tebal, sarung tangan, sepatu gunung, dsb. Disarankan kalau kamu camp di pantai, gunakan sandal saja, jangan sepatu, karena jika pakai sepatu nanti pasir bisa masuk ke dalam sepatu.

Lalu, jangan lupa membawa persediaan air tawar yang banyak jika pantai tempat kamu berkemah jauh dari permukiman warga. Jika dekat dengan permukiman warga, bawa persediaan air tawar secukupnya saja. Tetapi kadang-kadang ada juga pantai alami yang terdapat sumber mata air tawar didekatnya.

Bawa tenda dengan ukuran yang sesuai. Yang perlu diingat, bawa tiang patok yang lebih panjang agar patok bisa masuk ke dalam tanah yang berupa pasir. Agar lebih kuat, bisa juga ditambahkan tali yang diikatkan ke pohon. Ini semua untuk mengantisipasi agar tenda tidak kabur jika terkena angin pantai yang cukup kuat.

Ini cukup penting, tetapi kadang-kadang dilupakan. Jangan sering keluar masuk ke dalam tenda. Jika ada flysheet lebih baik kamu bernaung di bawah flysheet saja. Karena jika kamu mondar mandir ke dalam tenda, pasir dari luar akan masuk dan mengotori isi tenda kamu. Efeknya, istirahat kamu jadi tidak nyaman dan tenda sulit untuk dibersihkan.

Jika kamu ingin menggelar pesta barbeque di pantai, usahakan bawa sendiri kayunya dari rumah agar tidak merusak alam sekitar pantai. Jangan lupa juga, sisa pembakaran harus kamu bersihkan agar tetap menjaga keindahan pantai tersebut.

5. Pastikan Keamanan Barang yang Dibawa saat Beach Camp

Sumber: gettyimages

Untuk urusan keamanan, kamu harus berhati-hati terhadap barang yang kamu bawa. Khususnya barang berharga yang kamu bawa. Kamu bisa mensiasatinya dengan mengamankan tas kamu dengan gembok khusus tas agar aman. Kamu juga bisa menyebar letak uang yang kamu bawa, jadi jika hilang di satu tempat, kamu tidak akan kehilangan seluruh uangmu. Lalu, jangan membiarkan barang penting tergeletak di tenda. Lebih baik diamankan di tas.

Lalu kamu juga harus memperhatikan keamanan kendaraan yang kamu bawa ke lokasi camp. Jika tidak ada tempat parkir/penitipan kendaraan, sebaiknya titipkan saja kendaraan kamu ke warga sekitar atau agar lebih aman ke ketua RT setempat. Jangan tinggalkan barang penting apapun di dalam kendaraan.

 

Nah, itu tadi 5 tips agar trip beach camp kamu bisa asik dan menyenangkan. Sekian dulu dari vuvuwawaTeam. Semoga bermanfaat. Terakhir, let’s makes our journey!

This Post Has 2 Comments

  1. It was great

    1. Terima kasih kawan!

Tinggalkan Balasan

Close Menu