Ranu Kumbolo, Danau Suci

Ranu Kumbolo, Danau Suci

Merupakan danau yang terletak pada ketinggian 2389 mdpl menjadikan Ranu Kumbolo salah satu destinasi yang unik dikunjungi. Ranu Kumbolo merupakan danau yang terletak di lereng Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, hal ini membuat para wisatawan harus mengikuti peraturan pendakian. Meski dibilang merupakan pendakian dengan jalur yang cukup landai, untuk sampai di Ranu Kumbolo membutuhkan perjuangan tersendiri. Harus berjalan kurang lebih 10 km membuat otot di kaki lebih sering berkontraksi, harus pemanasan nih! Hehe.


Dengan adanya pengawasan Tim TNBTS membuat Ranu Kumbolo menjadi sangat bersih dan terawat. Peraturan dan pengawasan di kawasan sekitaran danau sangat ketat, beberapa wisatawan dibuat jera oleh peraturan yang tidak membolehkan menyentuh air danau secara langsung. Sehingga bisa dikatakan danau ini merupakan danau yang suci, suci dari sentuhan wisatawan. Jangan coba-coba ya kawan!

Pemandangan alam yang disajikan Ranu Kumbolo tidak bisa diragukan lagi terlebih ketika matahari sedang terbit (sunrise). Tampak kabut yang sungguh indah ketika matahari sedang terbit, warna ke-emasan yang menyelimuti menjadikan Ranu Kumbolo salah satu danau tercantik di Indonesia. Kuasa Tuhan tidak bisa ditandingi, ciptaan-Nya selalu membuat takjub.

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo diawali dengan melengkapi administrasi di Ranu Pani, persyaratan dari simaksi, cek kesehatan, dan kelengkapan harus dipenuhi. Jika ada beberapa perlengkapan yang tertinggal atau hilang, tenang saja di Ranu Pani ada yang menyediakan jasa sewa peralatan, tetapi alangkah baiknya jika semua sudah dipersiapkan sebelum sampai di Ranu Pani. Setelah dicek, para pendaki yang mau ke Puncak Mahameru atau hanya ke Ranu Kumbolo harus mengikuti briefing. Setelah melakukan briefing barulah para pendaki mendapatkan tiket.

Setelah itu barulah perjalanan yang cukup panjang menuju Ranu Kumbolo. Jarak menuju pos 1 masih terlampau dekat jadi tidak terlalu menguras energi, barulah pos 1 sampai ke 2 yang cukup jauh yang cukup menguras energi. Karena berada di ketinggian, kabut kemungkinan bisa saja menyelimuti, tergantung cuaca hari itu. Lanjut ke pos 3 disini kalian akan menjumpai 2 jembatan, sebagai ciri khas perjalanan pos 3. Perjalanan menuju pos 3 tidak terlalu jauh tetapi kontur permukaan yang naik turun sedikit menjadi perhatian. Tidak usah berlama-lama di pos 3 langsung saja ke pos 4 karena Ranu Kumbolo terletak hanya beberapa meter dari pos 4. Perjalanan menuju pos 4 sangat menguras tenaga, karena track yang naik dan turun. Tidak jarang para pendaki sempat ada yang terpeleset diperjalanan menuju pos 4 sehingga harus benar hati-hati. Akan ada pemandangan kenampakan danau ketika akan sampai di pos 4, sungguh sangat cantik. Setiap pos terdapat warga yang berjualan makanan, mulai dari gorengan sampai buah-buahan, jadi tenang saja urusan perut pasti aman! Setiap perjalanan juga, kawan-kawan akan mendapati kenampakan Puncak Mahameru yang malu untuk bertemu dengan wisatawan. Akan sangat banyak sekali bila berbicara tentang Ranu Kumbolo.

Ya beginilah Ranu Kumbolo. Sangat mengesankan untuk perjalanan yang sungguh singkat. Kalau teman-teman suka, silahkan komen. Jika tertarik nanti akan upload cerita lengkap perjalanan Ranu Kumbolo.

#vuvuwawateam

foto oleh Annisa Cahya Kusumawardhani

Bang Toms

Feel good for blogging, travelling, and camera.

This Post Has 7 Comments

  1. Mantap gan!

    1. Okeeee gan, makasih ye! Share gan. Biar dilanjutin ceritanya 🙂

  2. Mantap cuyyyyy

  3. Kerennn!! Jadi pengen kesanaa

    1. Ajak banyak teman kalau mau kesini!

  4. Baguss baguss👍👍

    1. Makasih yaa udah mampir 🙂

Tinggalkan Balasan

Close Menu