Pendakian Gunung Sindoro via Kledung.

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung.

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki. Terletak di dua kabupaten, Temanggung dan Wonosobo. Gunung ini sering disebut sebagai kembaran dari Gunung Sumbing, selain karena berdekatan, ketinggiannya pun juga hampir sama. Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.153 mdpl sedangkan Sumbing sedikit lebih tinggi yaitu 3.371 mdpl.

Kali ini kita akan mengulas pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Kita mulai pembahasan dari basecamp. Basecamp Kledung sendiri beralamat di Jalan Walisongo 1 RT. 08 RW. 03 Kledung, Temanggung. Basecampnya nyaman dan rapi. Fasilitas bagus. Pelayanan dari petugas basecamp pun juga bagus. Kita bisa menitipkan kendaraan di sini. Di basecamp rombongan juga bisa beristirahat sejenak bahkan menginap.

Selanjutnya yang cukup penting, pengecekan barang bawaan. Ada beberapa peraturan yang harus ditaati di basecamp Kledung ini, diantaranya setiap orang wajib membawa sleeping bag; matras; air minum secukupnya, setiap rombongan wajib membawa tenda, serta larangan membawa tisue basah. Jadi, sebelum berangkat siapkan dulu barang-barang dengan baik.

            Basecamp – Pos 1

Perjalanan selanjutnya menuju Pos 1. Ada fasilitas yang disediakan dari warga sekitar, yaitu ojek. Kita akan diantar sampai sebuah warung yang terletak di antara Pos 1 dan Pos 2. Lumayan, kita dapat menghemat waktu sekitar 1,5 jam.

            Pos 1 – Pos 2

Kemudian perjalanan menuju Pos 2 dengan trek berupa tanah yang belum begitu menanjak, terbilang belum begitu sulit. Sesampainya di Pos 2 kita akan menemui sebuah warung. Kita bisa beristirahat sejenak di sana.

            Pos 2 – Pos 3

Menuju Pos 3, perjalanan sedikit lebih berat dari sebelumnya. Vegetasi masih rapat, trek juga masih berupa tanah. Sama seperti Pos 2, di Pos 3 juga ada warung. Karena tempatnya lumayan datar dan cukup luas, di Pos 3 beberapa pendaki mendirikan tenda di sini. Namun, mayoritas pendaki tetap mendirikan tenda di pos selanjutnya (Sunrise Camp).

            Pos 3 – Sunrise Camp

Trek menuju Sunrise Camp lebih terbuka dari sebelumnya, kita mulai bisa memandangi Gunung Sumbing dari sini.

Potret sunrise di Sunrise Camp.

Ketika sunrise tiba, kita dapat berfoto ria di sini, mungkin ini alasannya mengapa dinamai Sunrise Camp.

            Sunrise Camp – Pos 4

Spot foto yang bagus di Sunrise Camp.

Selanjutnya, perjalanan menuju puncak. Trek mulai sedikit berbatu dan cukup menanjak. Kita akan ditemani pohon lamtoro di kanan kiri kita. Jangan lupa, sebelum mencapai puncak, ada Pos 4 dengan Batu Tatah-nya yang biasa dijadikan tempat berfoto oleh para pendaki, dengan latar belakang Gunung Sumbing, sangat bagus tentunya. Sayang kemarin belum sempat mengabadikan gambar di Batu Tatah ini.

  Pos 4 – Puncak

Rombongan pendakian berfoto di Puncak.

Perjalanan menuju Puncak masih sama dengan perjalanan dari Sunrise Camp ke Pos 4, sebelum melewati batas vegetasi yang mulai banyak batunya. Sebelum melewati batas vegetasi kita juga akan melihat edelweiss di kanan kiri kita.

Tiba di Puncak Sindoro kita akan mencium bau belerang yang cukup menyengat, jangan lupa membawa masker atau penutup hidung lainnya. Informasi yang cukup penting, kita dianjurkan berada di Puncak Gunung Sindoro yang memiliki kawah aktif ini pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Selebih itu tidak dianjurkan, karena aktivitas kawah mulai meningkat setelah pukul 11.00 WIB.

 

Estimasi Waktu Pendakian

  1. Basecamp – Pos 1             :               1,5 jam (ngojek 10 menit)
  2. Pos 1 – Pos 2                      :               1 jam
  3. Pos 2 – Pos 3                      :               1,5 jam
  4. Pos 3 – Sunrise  Camp     :               30 menit
  5. Sunrise Camp – Pos 4      :               2 jam
  6. Pos 4 – Puncak                  :               1,5 jam

Total waktu pendakian          :               8 jam

 

Estimasi Biaya

  1. Parkir kendaraan              :               Rp 10.000
  2. Registrasi pendakian       :               Rp 15.000
  3. Biaya ojek                           :               Rp 25.000 x 2 (naik dan turun)

Total biaya pendakian           :               Rp 75.000

 

Demikian ulasan kami mengenai pendakian Gunung Sindoro via Kledung, semoga bermanfaat.

Mendaki gunung bukan hanya naik lalu turun lagi, apalagi untuk mencari sensasi. Esensi adalah kunci.

Salam Lestari 🙂

This Post Has 2 Comments

  1. Ngojek ngga kak naiknya kemarin?

    1. Ngojek dong kak, hitung” menghidupi perekonomian masyarakat setempat, hehe

Tinggalkan Balasan

Close Menu