Pendakian Gunung Merbabu via Gancik Boyolali.

Pendakian Gunung Merbabu via Gancik Boyolali.

Terletak di tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Semarang. Ya, itu Gunung Merbabu. Salah satu gunung yang sudah tidak aktif ini sering menjadi destinasi menarik bagi para pendaki. Untuk menuju puncak daripada Merbabu sendiri sebenarnya ada beberapa jalur. Kebetulan yang akan kita ulas sedikit kali ini yaitu jalur pendakian Gunung Merbabu via Gancik, Boyolali.

Perjalanan yang harus kita tempuh apabila lewat jalur ini, adalah sebagai berikut :

        1. Base Camp

Dari Base Camp menuju ke pos berikutnya atau Pos 1, kita akan melewati Hill Top Gancik, Hutan Taman Nasional, Hutan Kayu Cemoro Duri. Disarankan buat kalian agar dapat menghemat waktu dan tenaga, dari Base Camp sampai Hill Top Gancik anda bisa ngojek. Kalau mau jalan, kira-kira ya butuh waktu sekitar lima belas menit lah. Kemudian dari Gancik Hill Top ke Pos 1, kita akan disapa di kanan dan kiri dengan rimbunnya pohon-pohon pinus dan lamtoro yang membuat suasana menjadi teduh. Setelah setengah jam berjalan di trek yang relatif masih landai kita akan sampai di Pos 1.

       2. Pos 1 Senduran

Di Pos 1 ini tempatnya agak tertutup, jadi cocok untuk mendirikan tenda di sini ketika sedang hujan deras ataupun badai. Namun, jarang pendaki yang berhenti untuk mendirikan tenda di sini, mungkin karena tempatnya yang kurang lapang sih. Setelah dari Pos 1 ini, kita akan berlanjut ke Pos 2. Untuk medannya, agak lebih menanjak sedikit dari pada sebelumnya, akan tetapi, juga belum terlalu sulit. Perjalanan dari Pos 1 ke 2 ini sudah agak terbuka, pemandangan sudah tampak lebih leluasa kita lihat. Untuk estimasi waktu ya sekitar 2 – 3 jam lah.

      3. Pos 2 Pentur

Di pos dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut ini, lumayan lebih luas daripada Pos 1 dan juga lebih terbuka. Lanjut ke pos berikutnya, yaitu Pos 3 Watu Tulis. Dari Pos 2 ke 3 kita akan melewati tempat yang dinamakan Bukit Teletabis, yang lumayan bagus buat spot foto apabila kabut tidak terlalu tebal, lebih-lebih ketika sedang cerah.

      4. Pos 3 Watu Tulis

Pos 3 Watu Tulis ini lebih luas daripada pos-pos sebelumnya, banyak yang mendirikan tenda di tempat ini. Nah, meninggalkan pos ini kesabaran kita akan lebih teruji, trek yang curam nan menantang akan mulai memanjakan perjalaanan serta waktu yang dibutuhkan menuju ke Sabana 1 juga lumayan lama.

      5. Sabana 1 & 2

Kita sampai di tempat yang terbilang favorit di jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo , tentu saja sabana. Ada dua sabana di Gunung Merbabu, yaitu Sabana 1 dan Sabana 2. Jarak antara keduanya tidak terlalu jauh, ya sekitar 30 menit perjalanan. Di sini biasanya jadi tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda, akan tetapi rawan akan terjadinya badai. Agar dapat menikmati sunrise, kita dapat beranjak dari sabana 2 menuju Puncak pukul 3 dini hari.

     6. Puncak Kenteng Songo

Dari Sabana 2 menuju ke Puncak sekitar 1- 1,5 jam. Treknya lumayan terjal. Sebelum sampai di Puncak kita akan melewati Watu Lumpang, setelah itu jalannya akan benar-benar menanjak sampai ke Puncak Kenteng Songo. Puncak Kenteng Songo sendiri merupakan puncak yang tertinggi dari ketiga puncak di Merbabu, dengan ketinggian 3.142 MDPL. Dari sini, apabila anda beruntung mendapatkan cuaca cerah, terlihat jelas gunung tetangga (Gunung Merapi).

Peta lokasi menuju puncak kenteng songo

Untuk estimasi dana yang harus kalian keluarkan, jika melewati jalur pendakian Gunung Merbabu via Gancik ini, adalah sebagai berikut :

  • Retribusi : 8.500,-

  • Parkir : 5.000,-

  • Ojek : 10.000,-

Kemudian, untuk perkiraan waktu perjalanan dari Base Camp sampai Puncak Kenteng Songo, kira-kira butuh waktu sekitar 7-8 jam.

Mencapai puncak suatu ketinggian bukanlah tujuan utama seorang pendaki tetapi perjalanan dan setiap pijakan kaki itu yang akan dihargai. Salam Lestari!

This Post Has 3 Comments

  1. Jangan lupa bawa sampahmu turun!

    1. Terima kasih sudah mengingatkan!

  2. Can you inform me what platform are you using on this site?

Tinggalkan Balasan

Close Menu