Mt. Pundak si Bahu Welirang

Mt. Pundak si Bahu Welirang

Hallo guys, kali ini kita bakal bahas tentang Gunung Pundak yang terletak di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Nah, bagi kalian para pemula bisa memulai dengan mencoba track di Gunung Pundak ini. Gunung Pundah merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi dan jangan heran kalau kalian menjumpai track yang jalannya berbatu dari sedang sampai besar, selain itu di musim kemarau kayak gini pasti track berpasir menemani perjalanan kita.

Apa aja sih yang  bisa kita temui di Gunung satu ini?

  1. Si Pundak Welirang

Gunung Pundak memiliki ketinggian 1.547 mdpl, dinamakan Pundak karena terletak dibawah Gunung Welirang. Sehingga, dari puncak Pundak kalian bahkan bisa melihat Gunung Welirang yang berdiri kokoh dan secuil dari puncak Arjuno. Walaupun gunung ini nggak tinggi – tinggi amat, tetapi memliki keunikan tersendiri.

  1. Memiliki 2 jalur pendakian yang berbeda

Seperti beberapa gunung di Indonesia, Pundak juga memilik lebih dari satu jalur pendakian. Jalur pertama melewati Tahura Raden Soerjo dengan membeli 2 tiket ke Pemandian Air Panas dan Juga ke Pundak. Sedangkan jalur kedua melewati Gunung Puthuk Siwur, memakan waktu sekitar 30 – 50 menit dari puncak Puthuk Siwur.

  1. Biodiversitas yang beragam

Bagi kalian yang punya kesenangan di bidang Botani bisa nih main ke Gunung satu ini, karena disini banyak banget tumbuhan beragam salah satunya pasti si Strobilus alias Pinus, lalu ada lagi tumbuhan lain yang bersimbiosis dengan lychen dan juga jamur liar. Kalau bahas hewan mungkin kita udah nggak asing lagi dengan suara jangkrik hutan yang menambah syahdu pendakian kita.

  1. Night View di Puthuk Siwur

Bagi kalian yang menyukai pemandangan malam hari dari atas ketinggian bisa nih kesini, di puncak Puthuk Siwur terdapat Camping Ground kalian bisa camping disini dan malamnya menikmati pemandangan malam dari ketinggian.

 

 

  1. Track Berpasir dan Berbatu

Eitss.. jangan lupa kalau Gunung ini sudah tidak aktif lagi yang berarti terdapat batu-batu bekas letusan yang berukuran sedang sampai besar. Jadi hati-hati apabila mendaki, usahakan membawa peralatan yang memadai dan alas tracking yang nyaman dan ringan. Selain berbatu, di musim kemarau tracking juga berpasir (sampe bisa dijadikan perosotan coy :v) tapi tetep utamakan keselamatan kawan

 

 

 

  1. Terik Pundak yang menghangatkan

Nah kalau kalain sudah mencapai puncak Pundak pada jam 12.00 – 15.00 jangan heran dengan terik matahari yang menyengat tetapi udara dingin pegunungan menjadikan terik matahari menjadi tidak seberapa dan menghangatkan. Sehingga, cocok dijadikan tempat camping dan menikmati pemandangan Welirang yang berdiri kokoh di depan mata.

 

 

 

  1. Biaya Pendakian

 

Via Puthuk Siwur

Parkir Motor     : Rp. 5.000,00,-

Tiket Masuk     : Rp. 15.000,00,-

Total                 : Rp. 20.000,00,-

 

Okay guys, cukup segitu ulasan kita tentang Gunung Pundak si Bahu Welirang. See you next time!

Jangan ambil apapun selain foto, jangan bawa apapun kecuali sampah. Salam Lestari!

 

Photo by : Layla S

 

Ditulis oleh : Fadzilah Layla

Tinggalkan Balasan

Close Menu