Menikmati Suasana Alam Sunyi di Waduk Sermo

Menikmati Suasana Alam Sunyi di Waduk Sermo

Berkemah di alam terbuka menjadi salah satu  pilihan dari beberapa orang yang ingin melepaskan kepenatan dari hiruk pikuk keramaian kota. Tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta surga tersembunyi itu adalah Waduk Sermo. Terletak di Kulon Progo, kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Waduk Sermo bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik menikmati sunrise dan sunset sekaligus.

Akses menuju lokasi cukup mudah meskipun harus melewati jalanan Kulon Progo yang lumayan berliku-liku dan licin ketika habis diguyur hujan. Jadi, harus tetap hati-hati dan tetap selalu utamakan keselamatan. Untuk sampai ke daerah camping, bisa mengikuti arah yang ditunjukkan oleh petunjuk jalan, kurang lebih 10 menit dari jalan utama. Keunikan lain dari Waduk Sermo adalah letaknya yang cukup jauh dari pemukinman warga. Jadi, bisa bayangkan sendiri bagaimana sunyinya tempat ini. Tapi tidak usah khawatir dengan keamanannya, karena Waduk Sermo dijaga 24 jam penuh oleh penjaga. 

diabadikan oleh Dewa Indy

Sesampainya di tempat parkir, wisatawan bisa langsung menuju administrasi di loket pembayaran. Untuk camping akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang (sudah termasuk biaya masuk dan parkir sepeda motor). Apabila sobat hanya ingin menikmati alamya tanpa berkemah, dikenakan biaya Rp5000 (biaya parkir sepeda motor : Rp2000, mobil : Rp3000).

Setelah selesai melakukan administrasi bisa segera memilih spot terbaik sesuai keinginan untuk didirikan tenda. Tidak sulit untuk menemukan tempat yang pas untuk mendirikan tenda. Pada tanah satu tingat dari tepi danau, kami dirikan tenda yang langsung menghadap danau. Ketidak-beruntungan kami adalah ketika sampai ke Waduk Sermo yang sedang mendung, jadi tidak sempat menikmati keindahan matahari terbenamnya. Tapi tak apalah, kami optimis dan  berdoa akan bertemu keindahan matahari yang terbit esok hari.

diabadikan oleh Dewa Indy

Meskipun berada di alam terbuka, untuk mendapatkan sinyal 4G disini tidaklah sulit dan fasilitas paling menyenangkan yaitu FREE WIFI yang bisa kita tanyakan kata sandinya pada penjaga(jadi tidak kesulitan untuk update story diakun sosmedmu kan?). Fasilitas lainnya yang kita dapatkan adalah mushola lengkap dengan peralatan sholatnya, kamar mandi bersih, peminjaman anglo (itu lho kompor dari tanah liat yang bisa digunakan untuk bakar- bakar), warung makan yang hanya buka pagi hingga sore dan penyewaan perahu motor ( ± Rp8000 per orangnya).

diabadikan oleh M. Ilham Affandi

Permohonan kami pun terkabul. Esoknya, kira- kira pukul 5 matahari tak malu lagi menampakkan keindahannya. Ia muncul bersama warna kuning keemasan yang terlukis sedikit demi sedikit pada langit, pada permukaan danau, pada pepohonan dan pada bukit- bukit yang berjajar. Suasana pun  berubah seakan berada di negeri impian dimana rona ke-emasan terpancar dari langit dan danau disertai kabut- kabut tipis, capung- capung yang beterbangan.

Kami dan pasti kau pun akan tersihir akan keindahan lukisan semesta dari Sang Kuasa yang berada nyata tepat di depan mata, semakin melipat gandakan nikmat yang selama ini Tuhan berikan.

Wintari Ita

Selamat berjumpa dengan beberapa cerita dari kami! Salam hangat!

Ditulis oleh : Wintari N. Khasanah

Bang Toms

Feel good for blogging, travelling, and camera.

This Post Has One Comment

  1. Mantabbbbb

Tinggalkan Balasan

Close Menu