Konservasi Edelweiss
Close-Up Of Edelweiss Flower Buds

Konservasi Edelweiss

Edelweiss berasal dari bahasa Jerman “edel” yang berarti mulia dan “weiss” yang berarti putih. Edelweiss banyak ditemukan di daerah dengan ketinggian 1600-3600  mdpl (Vigneron,2008). Di Indonesia sendiri edelweiss yang sering dijumpai adalah Edelweiss Jawa (Anaphalis javanica),  edeleweiss memiliki ciri bau yang khas dan dalam keadaan kering bunganya tahan lama. Selain itu, bunga ini dapat hidup pada tanah yang miskin kandungan hara.

 

Edelweiss memiliki manfaat ekologis yang sangat tinggi. Bunganya merupakan sumber makaan bagi serangga makanan bagi beberapa serangga. Batang edelweiss ditututpi oleh kulit batang yang kasar dan bercelah dan mengandung banyak air, sehingga dapat menjadi tempat hidup beberapa jenis lumut dan lichen. Akar edelweiss merupakan tempat hidup cendawan, cendawan mendapat oksigen dan edelweiss mendapat unsur hara.

 

Konservasi adalah penglolaan biosfer secara aktif yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan keanekaragaman spesies maksimum dan pemeliharaan keragaman genetik di dalam suatu spesies, termauk juga pemliharaan fungsi biosferseperti fungsi ekosistem dan siklus nutrisi (Allaby,2010)

 

Bagi para pendaki sudah tidak asing lagi dengan edelweiss yang memiliki eksotika dan daya tarik tersendiri, edelweiss merupakan bunga langka sehingga keberadaannya dilindungi. Edelweiss banyak dicari sebagai bunga hias dan memliki bau yang khas, hal ini menyebabkan populasi edelweiss berkurang. Oleh karena itu, konservasi edelweiss sangat perlu dilakukan. Salah satu caranya adalah kultur jaringan dengan memanfaatkan salah satu bagian tumbuhan lalu dikultur di dalam lab, kenapa kultur jaringan? Karena tumbuhan memiliki sifat totipotensi sehingga sangat mudah untuk melakukan kultur jaringan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat peraturan/larangan tidak memetik dan membawa pulang Edelweiss, bagi yang melanggar peraturan tersebut dapat dikenakan sanksi yang membuat jera pelanggar.

 

Nah, itu dia sedikit pengetahuan tentang Edelweiss dan beberapa cara untuk melindungi si Primadona Ketinggian ini. Bagi kalian yang memiliki opini lain dalam konservasi Edelweiss, share opini kalian dengan kami!!!

 

( Pic by Getty Image )

 

Ditulis oleh : Fadzilah Layla

Tinggalkan Balasan

Close Menu