Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah

Keunikan Masjid Agung Jawa Tengah

Hallo gaiss, Perjalanan kali ini aku mengunjungi suatu tempat yaitu, Masjid Agung Jawa Tengah. Aku mengunjungi tempat ini bertepatan saat aku mengantarkan seorang teman yang sedang ujian kepolisian. Jadi, saat itu suasana sangat ramai dikunjungi orang.

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah. Masjid ini sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi tersebut bargaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani.

Salah satu potret Masjid Agung Jawa Tengah

Menginjakkan kaki di bagian gerbang masjid, wisatawan disambut dengan tulisan ayat suci berupa dua kalimat syahadat. Sedangkan huruf Arab Melayu yang berbunyi, ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’, yang artinya kemauan dan upaya yang tulus membawa ke arah ridha Allah SWT juga terpampang jelas di bidang datar yang terdapat di Masjid Agung Jawa Tengah.

Dilengkapi dengan 6 buah payung elektrik ukuran besar yang dibuka jika jemaah sholat cukup banyak.

Arsitektur sangat megah membuat para pengunjung tidak lupa untuk update instastory ketika di Masjid Agung Jawa Tengah ini.

Tidak pernah siap untuk menjadi paling pintar dan benar, belajar adalah salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan.

Dan untuk melengkapi pengetahuan umat muslim tentang sejarah Islam, masjid ini juga memiliki museum kebudayaan Islam yang terletak di lantai dua dan tiga. Dari sini, tamu yang datang juga bisa mampir ke menara pandang yang dilengkapi dengan sejumlah teropong. Masyarakat yang berkunjung dapat melihat landmark kota Semarang dari atas ketinggian.

Menara ini dibuka untuk umum, untuk bisa menaikinya pengunjung dikenakan sejumlah rupiah. Tidak perlu capek-capek menaiki anak tangga hingga lantai atas, sebab ada fasilitas lift yang bisa digunakan.

Tempat ini sangat recomended banget bagi yang mau belajar dan berwisata tentunya, karena di Masjid Agung Jawa Tengah ini tempat yang instagramable dan juga akan mendapat tambahan pengetahuan baru. Sebagai pengunjung yang budiman kita juga wajib menjaga kebersihan lingkungan, tidak merusak ornamen dan membuang sampah pada tempatnya.

 

Ditulis oleh : Alfina Putri

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Close Menu