Hal Sederhana menuju Lestarinya Lingkungan Kita
A man throwing trash to a wastebasket

Hal Sederhana menuju Lestarinya Lingkungan Kita

Suatu perubahan tidak harus dimulai dari suatu hal yang besar. Perubahan tak melulu melalui proses rumit yang sangat sistematik. Perubahan dapat kita mulai dari hal-hal yang kecil, contohnya di keseharian kita. Salah satunya perubahan terkait konservasi lingkungan sekitar. Sebelumnya, alangkah baiknya jika mengerti makna dari konservasi itu sendiri.

Konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan pelestarian. Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa pelestarian lingkungan sekitar termasuk bagian dalam konservasi itu sendiri.

Perubahan mengenai konservasi alam itu dapat kita mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, tidak perlu muluk-muluk, cukup dari hal sederhana. Hal-hal kecil konkret yang tentu saja dapat kita lakukan diantaranya :

  1. Buang sampah pada tempatnya !

Semboyan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, mungkin sudah sangat sering kita dengar, dari TK sampai sekarang. Akan tetapi, jangan sampai semboyan itu hanya menjadi hafalan saja. Kita harus bisa menjadi agent of change untuk mewujudkannya. Aksi ini dapat kita mulai dari keluarga kita sendiri, contohnya dari instropeksi apakah penempatan sampah itu sudah selayaknya? Penempatan yang dimaksud di sini juga termasuk bagaimana kita membuang sampah tersebut. Apakah sudah tepat atau belum?

  1. Jaga tumbuhan di sekitar kita !

Perlu kita ingat, tumbuhan juga termasuk makhluk hidup yang patut kita jaga keberadaannya. Setidaknya kita harus memberi ruang untuk tumbuhan di sekitar rumah kita. Pemanfaatan secukupnya serta menjaga kondisi tanah di sekitarnya merupakan contoh nyatanya. Jangan lupa pula, tumbuhan merupakan sumber oksigen di bumi ini.

  1. Menyebarluaskan rasa cinta lingkungan !

Hal ini sangat penting, kita dapat melakukannya kepada orang-orang terdekat kita, melalui sosial media, atau pun memberikan kepada masyarakat contoh nyata. Semakin banyak orang yang sadar, peluang pelestarian juga semakin besar. Contoh lain adalah dengan kita mendukung program-program pemerintah terkait pelestarian lingkungan. Selain itu, kita juga dapat menyampaikan kepada pemerintah apabila ada ide-ide mengenai pelestarian lingkungan.

 

Tiga hal tersebut saya kira akan dapat dengan mudah kita lakukan. Perlu kesadaran pula dalam melakukan hal tersebut. Jadilah pelopor lestarinya lingkungan sekitar kita, kalau bukan kita siapa lagi !

 

Salam Lestari !

 

( Pic by Getty Image )

Tinggalkan Balasan

Close Menu